Frequently Asked Question

Cara Install Window xp
Terakhir diperbaharui 4 tahun lalu

1. siapkan cd window xp dan cd motherboard
2. pertama nyalakan komputer sepertia biasa
3. Atur BIOS terlebih dahulu sebelum Anda mulai meng install, atur agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM.
caranya:
a. Masuk ke BIOS dengan cara, sebelum masuk ke window tekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
b. Ubah pengaturan agar CD-ROM jadi urutan yang pertama kemungkinan pilihan ada dua jenis.

  • Menu First boot priority, second boot priority, dsb: Aturlah First boot priority ke CD-ROM, atur juga Second boot priority ke HDD0/HDD1. sbb:
image
4. Setelah mengatur BIOS selanjutnya Jangan lupa untuk memasukkan CD Windows xp nya pada DVDROM/CDROM.
 simpan dengan menekan F10.
5. Setelah komputer Anda restart tunggu hingga muncul tulisan "Press any key to boot from CD...." Tekan Enter atau sembarang tombol agar komputer memproses CD installasi windows xp. sbb:
image
6. Tunggu beberapa saat dan jangan tekan tombol apapun hingga muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian ada pilihan untuk melanjutkan Install Windows XP dan pilihan untuk memerbaiki Windows XP. Tekan Enter untuk meng Install Ulang Windows XP. sbb:
image
7. 
Setelah Anda menekan Enter, kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, setelah itu tekan F8 untuk menyetujui proses install ulang windows. sbb:
image
8. Selanjutnya akan di bawa ke halaman daftar partisi hardisk. Apabila Anda belum pernah partisi hardisk Anda, maka akan tampil drive C: saja. Namun apabila Anda pernah melakukan partisi pada hardisk Anda, maka Anda akan mendapati drive selain drive C: tergantung berapa partisi yang bi buat anda sebelumnya. sbb
image
9. 
Untuk Install Windows Xp pilih drive C: kemudian tekan Enter. Jika Anda ingin partisi hardisk tekan tombol C, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

image
10.  Masukan kapasitas yang ingin Anda buat. Jika kapasitas hardisk Anda 80GB dan anda ingin membuat 2 partisi maka tulislah dalam satuan MB bukan GB.
11. Setelah Anda mempartisi hardisk Anda, tekan Enter maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.Ada pilihan Format the partition using the NTFS file system (Quick) dan Format the partition using the NTFS file system. Pilah yang paling atas saja
image
12. maka akan di bawa ke halaman di bawah ini.
image
13. Setelah itu akan muncul pilihan drive yang ingin Anda akan install, pilih drive C: kemudian tekan Enter maka komputer akan melakukan format drive seperti tampilan di bawah ini.
image
14.  Setelah selesai format kemudian windows akan menyalin file untuk proses install windows xp, terlihat tampilan seperti gambar di bawah.image
15.  Tunggu sampai komputer restart dan jangan menekan sembarang tombol hingga muncul tampilan logo windows seperti di bawah ini.
image
16. Selanjutnya proses installasi windows xp akan di mulai, muncul layar seperti di bawah ini
image
17.  Anda tinggal menunggu selama proses installasi berlangsung hingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
image
18.  Langsung klik NEXT saja lalu muncul lagi tampilan seperti gambar di bawah ini.
image
19. Pada kolom nama dan organisasi isikan dengan nama Anda atau terserah Anda, setelah itu akan muncul halaman registrasi. sbb
image
20. Masukan Serial Number Windows XP. Biasanya tertera pada cover master CD. Setelah berhasil maka akan muncul halaman admin dan pasword. Isikan sesuai dengan keinginan Anda. Selanjutnya klik Next dan akan muncul halaman tanggal dan waktu, Pilih GMT+7 untuk zona waktu.
image
21.stelah memilih zona waktu maka akan muncul jenis pilihan custom dan typical, pilih typical untuk mengubah sistem window secara oatomatis.
image
22. Bila kamu terhubung dengan jaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpaDOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.
setelah itu anda akan di bawa ke gambar seperti di bawah ini
image
23. langkah terakhir setelah mengklik next tunggulah beberapa saat sampai dengan finis muncul dekstop window dan akan muncul gambar seperti di bawah ini.
image
24. window xp sudah siap terinstal, dan jangan lupa untuk menginstal aplikasi aplikasi yang dibutuhkan dan juga cd motherboard yang anda gunakan ataupun driver VGA yang anda pakai, dikarenakan untuk windows xp tidak semua auto detect.

Mohon Tunggu!

Mohon tunggu... butuh beberapa detik!